Senin, 04 November 2013

Tentang Training Di Hotel

Ini cerita pengalaman waktu saya pertama training di salah satu hotel di daerah tangerang selatan BSD berbintang 3. saya training di departement Front Office selama 6 bulan.

Awal pertama masuk mejadi anak training di hotel tersebut itu npada tanggal 31 desember 2012. saya dimasukan shift pagi dan pada saat itu juga saya di tetapkan menjadi doorgirl tugas sebagai doorgirl ialah yang bertugas membukakan pintu hotel untuk keluar masuk tamu yang datang maupun yang keluar hotel dan memberikan welcome drink kepada tamu yang sedang melakukan proses check-in, saya pun sering terkadang membantu bellboy untuk mengantar barang bawaan tamu ke kamarnya. cukup menguras tenaga untuk mengangkat koper yang begitu banyak dan yang sangat berat, tapi terkadang seimbang dengan yang saya kerjakan karena ya mendapatkan tips hhehe.  menjadi doorgirl cuma sampai 1 minggu saja.

Setelah itu saya di taruh di bagian telephone operator tugas nya cukup lumayan menyenangkan hanya duduk di depan telephone,komputer,mesin fax lalu dikelilingi dengan document-document tamu. perkerjaan ini tidak menggunakan otot seperti menjadi doorgirl cuma mengangkat telepon yang masuk dari luar hotel maupun dari dalam hotel contohnya kalau dari luar hotel penelpon yang menanyakan harga kamar untuk permalam,type kamar dan ketersediaan kamar yang masih available. kalau dari dalam hotel ya seperti menyambungkan telepon keluar atau terkadang ada tamu yang ingin berbicara dengan orang hotel kita sambungkan ke extension yang dituju.
kalau kerja di komputer paling cuma mengisi arsip-arsip yang harus diisi oleh kita. mesin fax itu terkadang banyak sekali fax masuk untuk booking kamar atau ada untuk departement lain jadi terkadang saya harus mengantarkan kepada yang dituju si fax tersebut.

3 bulan lamanya saya menjadi telephone operator alhamdulillah saya gampang menangkap hal yang saya harus kerjakan itu semua, terkadang jika setiap jam 3 sore brifieng di back office saya di suruh menjaga counter FDA ( Front Desk Agent ) karena sering begitu atasan saya tepatnya manager Front Office menyuruh saya untuk menjadi receptionist. Menjadi receptionist banyak banget kesan-kesanya di counter tersebut. karena sudah biasa ya saya kerjakan sebagaimana prosedur check-in tamu, terkadang tamu hotel memberi tips memang ga kira-kira ya, namanya juga saya anak sekolah di beri tips sampai ratusan rasanya senang seka;i puas dengan hasil kerja kita yang kita berikan kepada tamu. prosedur check-in saya jalani dengan baik sampai tamu meninggalkan counter receptionist untuk menuju ke kamar.

 Ada hal nih hal yang paling lucu saat menangani tamu yang menginap selama 2 hari suite room pula aduuhh mana itu dia tidak membayar dengan credit card tetapi duit cash rasanya ngitung duit sampai pegel banget maklum
tamunya pun sampe ngomong ke saya "mba orang baru yaa ?",k saya jawab aja iya pa mohon maaf kalau lama karena disini saya memang sedang training sedang untungnya bapa itu malah baik sekali menanggapinya malahan dia kasih tips lumayan besar mungkin kasian kali ya melihat saya yang ngitung ga kelar-kelar.
sesudah selesai menangani  saya langsung memanggil atrasan untuk mengecek duit yang sudah di bayarkan apa sudah benar ya alhamdulillah ternyata benar.

Pernah waktu pengalaman masuk jam 2 siang pulang jam 10 saya sekitar jam 8 kurang lebih kamar itu tinggal satu-satunya dan itupun suite dan ada tamu pun yang datang dia menanyakan masih ada kamarkah / lalu saya bilang tinggal suite saja pa di harga ******* dia bilang ya sudah kalau memang itu tinggal satu-satunya saya mau singkatnya setelah selesai proses check-in saya langsung bilang ke atasan saya ' pa saya menjual kamar loh sekarang occupancy 100% deh setelah itu di cek deh sama atasan bener, dia langsung ngeluarin dompet dan bilang nih uang buat kamu atas hasil yang sering kamu menjual kamar lumayan hasil uangnya buat jajan.
saya rasa cukup sampai sini saja cerita pengalaman saya selama 6 bulan training di hotel berbintang 3 terima kasih untuk yang mau sempat membaca pengalaman saya training 6 bulan banyak sekali pesan kesannya dan sebentar lagi saya akan merasakan hal menjadi seorang pekerja juga bukan anak sekolah lagi 
Terima Kasih :)

5 komentar:

  1. Harus bisa bahasa inggris ya mbak ?

    BalasHapus
  2. hallo mba, boleh minta contactnya ga? line/wa/email boleh juga. mau nanya2 penting nih. thx :)

    BalasHapus
  3. Training selama 6 bulan, hanya yang akan bekerja di hotel saja atau ada pekerjaan yang lain?

    BalasHapus
  4. How do you make money off of sports betting? - Work
    If you win an online sportsbook, you win a free งานออนไลน์ bet. 제왕 카지노 If you win an online sportsbook, you win an online sportsbook, but you 1xbet korean

    BalasHapus